Unknown Ringkasan Bahan Ajar Materi Asam Basa Garam IPA SMP Kelas VII Semester 1 Monday, April 28, 2014 Untuk mempermudah penyampaian materi pembelajaran kepada para siswa, berikut ini ringkasan bahan ajar tentang materi asam, basa, dan garam y... 5

Ringkasan Bahan Ajar Materi Asam Basa Garam IPA SMP Kelas VII Semester 1

0
Untuk mempermudah penyampaian materi pembelajaran kepada para siswa, berikut ini ringkasan bahan ajar tentang materi asam, basa, dan garam yang merupakan materi pelajaran mata pelajaran IPA untuk siswa SMP Kelas VII pada Semester 2.
  1. Asam adalah zat yang dalam air dapat menghasilkan ion hidrogen (H+).
  2. Basa adalah zat yang dalam air dapat menghasilkan ion hidroksida (OH–). dapat menetralisir asam.
  3. Sabun merupakan salah satu zat yang bersifat basa.
  4. Asam bereaksi dengan basa membentuk zat netral dan tidak bersifat asam maupun basa. Reaksi antara asam dan basa dinamakan reaksi netralisasi.
  5. Garam adalah senyawa yang terbentuk dari reaksi asam dan basa.
  6. Reaksi kimia yang dapat menghasilkan garam, antara lain: a) Asam + basa, menghasilkan garam + air. b) Basa + oksida asam, menghasilkan garam + air. c) Asam + oksida basa, menghasilkan garam + air. d) Oksida asam + oksida basa, menghasilkan garam. e) Logam + asam, menghasilkan garam + H2.
  7. Reaksi penetralan berguna bagi manusia, antara lain produksi asam lambung (HCl) yang berlebihan dapat dinetralkan dengan menggunakan senyawa basa Mg(OH)2.
  8. Para petani menggunakan reaksi penetralan agar tanah yang terlalu asam dan tidak baik bagi tanaman dapat menjadi netral dengan menambahkan senyawa basa Ca(OH)2 atau air kapur.
  9. Pasta gigi mengandung basa, berfungsi untuk menetralkan mulut kita dari asam yang dapat merusak gigi dan menimbulkan bau mulut.
  10. Cara menentukan senyawa bersifat asam, basa atau netral dapat menggunakan kertas lakmus, larutan indikator atau larutan alami.
  11. Lakmus digunakan sebagai indikator asam-basa, sebab lakmus memiliki beberapa keuntungan, yaitu: a) Lakmus dapat berubah warna dengan cepat saat bereaksi dengan asam ataupun basa. ). Lakmus sukar bereaksi dengan oksigen dalam udara sehingga dapat tahan lama. c) Lakmus mudah diserap oleh kertas , sehingga digunakan dalam bentuk lakmus kertas. Lakmus adalah sejenis zat yang diperoleh dari jenis lumut kerak.
  12. Indikator alami, seperti : bunga sepatu, kunyit, kulit manggis, kubis ungu atau jenis bunga–bungaan yang berwarna dapat digunakan untuk menentukan sifat asam atau basa suatu zat.
  13. Indikator universal merupakan campuran dari bermacam-macam indikator asam dan basa yang dapat berubah warna setiap satuan pH.
  14. Larutan bersifat netral jika pH = 7, larutan bersifat asam jika pH < 7, dan larutan bersifat basa jika pH > 7.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya, semoga kembali lagi, dan jika berkenan silahkan tuliskan komentar Anda


Copyright © Ringkasan Bahan Ajar

Template By: Fauzi Blog Sponsored By: 34DL - Free For Download