Unknown Mengapa dan Untuk Apa Termometer Diciptakan? Friday, October 31, 2014 Mengapa dan Untuk Apa Termometer Diciptakan? - Ketika tangan kita dicelupkan ke dalam air yang baru direbus, beberapa saat kemudian tangan ... 5

Mengapa dan Untuk Apa Termometer Diciptakan?

0
Mengapa dan Untuk Apa Termometer Diciptakan? - Ketika tangan kita dicelupkan ke dalam air yang baru direbus, beberapa saat kemudian tangan kita akan merasakan panas. Demikian pula saat tangan kita memegang es, ternyata tangan kita merasa dingin. Dalam kehidupan sehari-hari panas atau dingin biasa digunakan untuk menjelaskan derajat suhu suatu benda.

Suatu benda dikatakan panas, berarti benda tersebut memiliki suhu yang tinggi. Demikian pula suatu benda dikatakan dingin, berarti benda tersebut bersuhu rendah.

Suhu adalah ukuran derajat panas atau dinginnya suatu benda.

Perasaan Kita Tidak dapat Menyatakan Suhu Suatu Benda Dengan Tepat. Untuk dapat memahami bahwa indra peraba tidak dapat digunakan sebagai alat pengukur suhu, maka dilakukan kegiatan berikut:

Alat dan bahan:
1) Tiga buah ember
2) Es
3) Air
4) Ker tas

Langkah kerja:
  1. Siapkan tiga buah ember, tempelkan kertas bertuliskan A, B, dan C pada masing-masing ember.
  2. Masukkan air es pada ember A, air sumur pada ember B, dan air hangat pada ember C.
  3. Mintalah bantuan orang lain untuk memasukkan tangan kanan pada ember A, dan tangan kiri pada ember C. Apakah yang dirasakan?
  4. Pindahkan dengan cepat kedua tangan dan masukkan pada ember B. Apakah yang dirasakan?
Mengapa dan Untuk Apa Termometer Diciptakan?

Ketika kita memasukkan tangan kananmu ke ember A, ternyata tanganmu terasa dingin. Sedangkan tangan kiri yang kamu masukkan pada ember C, terasa hangat. Ketika kita memindahkan kedua telapak tangan dengan cepat dan memasukannya pada ember B, ternyata tangan kanan yang tadinya merasakan dingin akan berubah merasakan hangat, sedangkan tangan kiri yang tadinya merasakan hangat akan terasa dingin.

Mengapa demikian?

Hal ini menunjukkan bahwa perasaan kita tidak dapat menyatakan suhu suatu benda dengan tepat, juga karena jangkuan perasaan kita terbatas. Oleh karena itu manusia menciptakan suatu alat yang dapat digunakan untuk mengukur suhu dan besarnya suhu dapat dilihat dari angka yang ditunjukkan. Alat tersebut dinamakan termometer.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya, semoga kembali lagi, dan jika berkenan silahkan tuliskan komentar Anda


Copyright © Ringkasan Bahan Ajar

Template By: Fauzi Blog Sponsored By: 34DL - Free For Download